Skip to main content

Ospek di Universitas Punya Sultan

Masa orientasi kampus atau pada zaman pas gue masuk itu (tahun 2017) namanya KPK, bukan Komisi Pemberantasan Korupsi, tapi Kegiatan Pengenalan Kampus. #jokesrecehgaklucu

Pas zaman gue dulu, KPKnya dibagi menjadi dua. Ada Pra-KPK dan KPK itu sendiri. Pra itu artinya sebelum. Jadi pas Pra-KPK itu, gue muter2in UKM yang ada di tingkat universitas.

Kaya olahraga, seni, bla bla bla, banyak dah gue lupa. Ketika berkunjung, UKM tersebut kaya menampilkan hiburan dari UKM itu sendiri. Setelah ngiterin banyak UKM, abis itu pulang. Dan hal tersebut dilakukan selama dua hari Pra-KPK.

Sebelumnya, elu bakalan ada yang namanya technical meeting (Juknis/petunjuk teknis). Itu tergantung dari panitianya, ada yang tekmit sekali, ada yang dua kali. Di tekmit elu bakalan dikasih tau barang2 yang kudu disiapin itu apa aja dan jumlahnya berapa oleh mentor.

Tekmit pertama itu elu bakalan dibagi perkelompok. Dan setiap kelompok itu ada mentornya. Mentornya itu yang bakal jadi 'sumber' kalian. Kalian bisa nanya tentang ospek atau tentang perkuliahan ke mereka. Biasanya mentor itu baik dan komdis itu jahat.

Oh iya, pas Pra-KPK dan KPK itu kalian pake kemeja putih dan celana bahan item (kaya orang mau ngelamar kerja), nametag dengan tali berwarna yang disesuaikan dengan fakultas masing-masing.

Pake sepatu (gue lupa itu ditentuin atau enggak), tas, buku dan alat tulis, permen 10 biji (gajelas buat apaan, kayaknya cuma buat marah2in orang yang bawa permennya kurang/lebih deh), roti dan susu (buat sarapan), perlengkapan ibadah, dan bawa barang bawaan yang seabrek-abrek lainnya sehingga beratnya kaya dosa gue (yang paling berat itu bawa air mineral 2 yang 1500 ml/1,5 liter itu buat minum dan wudu).

Nanti pas KPK ngapain aja?

Duduk ngedengerin materi sampe rasanya kaki elu itu mau elu copotin dari badan. Pegel dan ngantuk. Dan jika ada dari kalian (maba) yang keliatan ngantuk, tidur, bercanda atau enggak nyatet materi pas acara berlangsung. 

Kalian bakalan ditegur sama komdis dan biasanya disuruh ke luar tenda (gue gatau mereka diapain, mungkin disuruh cuci muka, disuruh melafalkan sumpah mahasiswa atau nyanyi buruh tani, mars universitas, dan segala tetek bengeknya.

Oh iya, gue pernah denger ada yang namanya black room. Gatau ini beneran ada atau enggak, tapi kayaknya beneran, soalnya gue pernah liat ada maba yang ketauan bawa dan maen hp saat acara berlangsung, terus dia disuruh keluar tenda dan pas balik lagi, matanya berbinar.

Dalem hati gue mikir, pasti ini anak dapet siraman rohani sampe2 matanya berbinar gitu. Padahal boleh bawa hp (apalagi yang pergi pulang/enggak ngekos, biasanya cewe) tapi dititipin di mentor. Dan ketika pulang, yauda tinggal diambil lagi.

Oh iya, KPK (ospek universitas) itu acanya di outdoor (luar ruangan). Ada tenda dan alasnya, kita tinggal ngedeprok dan dengerin materi sampe kaki copot, ya gimana enggak, orang dari matahari terbit sampe matahari tenggelem.

Ada jeda cuma pas waktu ibadah dan kalo elu izin ke kamar mandi buat buang air. Itupun nametag elu diambil buat jadi jaminan. Terus kalo elu apes, elu bakalan susah buat dapetin nametag elu lagi karena komdisnya ilang.

Elo akan semakin bosen apalagi kalo pematerinya gajelas dan ngebosenin. Tapi pas KPK tahun gue atau pas KPK tahun kemaren itu ada Najwa Shihab. Gila, keren banget. Ya keren karena gue itu fansnya, wkwk.

Dan setelah mengikuti rangkaian kegiatan tersebut selama dua hari. Selesai deh. Elu tinggal ikut ospek fakultas dan jurusan. Oh iya, ketika selesai mengikuti ospek universitas, fakultas dan jurusan itu, elu bakalan dapet sertifikat.

Nah sertifikat ini bisa elu pake buat daftar jadi ketua/anggota organisasi kemahasiswaan seperti HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan), BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) Fakultas atau BEM Universitas, DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa) atau MPM (Majelis Perwakilan Mahasiswa) atau buat jadi Presma (Presiden Mahasiswa).

Tapi pas gue daftar jadi anggota HMJ, gue belom dapet sertifikat KPK deh, tapi kalo sertfikat SPOK (ospek fakultas) udah kayaknya, gatau, gue lupa. Udah deh, jadi ya gitu.

Oh iya, pas hari kedua dan ketika mau pulang. Kita bakalan dijemput sama fakultas kita masing-masing. Pada jam2 ini biasanya suasana udah kaos (kacau), apalagi fakultas teknik.

Ketika acara mau selesai aja, anak fakultas teknik bakalan manjat gedung, bunyinnya mesin motor atau mesin apalah gue gatau, bakar ban, bakar petasan buat ganggu acaranya biar anak teknik cepet keluar.

Gak jelas emang, enggak sabaran. Udah tau mau cepet, tapi malah didistraksi, jadinya malah tambah lama lah. Mana nambah2in gas rumah kaca.

Oh iya, pas penjemputan, setiap maba bakalan pake iket kepala sesuai warna tali nametag (warna yang melambangkan fakultas). Jadi biar gampang ngenalinnya dan biar enggak kececer.

Fakuktas teknik = biru
Fakultas pertanian = ijo muda
Fakuktas ekonomi = oranye
FISIP = kuning
Hukum = merah
FKIP = ijo tua

Pada saat itu, fakultas FKIP itu pake tali nametag dan pita warna hijau tua yang diikatkan di kepala. Terus keluar dah tuh dan anak cowoknya disuruh bikin bordir (pinggiran) buat anak cewek yang jalan (hal ini dikarenakan fakuktas pendidikan mayoritas itu perempuan).

Terus abis itu jalan gajelas nyari tempat kosong (fakultas pendidikan memiliki maba terbanyak tiap tahunnya), kayaknya muterin kampus Pakupatan deh. Ini seru sih, elu harus lari cepet2 dan mengaitkan tangan satu sama lain (buat maba cowo yang bikin bordir), tapi lama-lama capek juga.

Note: Oh iya, KPK (ospek universitas) itu di kampus utama, yaitu kampus Pakupatan. Tapi kalo ospek fakultas tahun kemarin itu (pas gue semester 3 itu di kampus Ciwaru/kampus FKIPnya).

Tapi pas gue jadi maba, gue ospek fakultas di kampus Pakupatan karena kampus Ciwaru dulu belom di konblok (masih berpasir kaya gurun). Apalagi kalo siang itu suka ada angin yang cukup gede, jadi kaya ada badai pasir.

Buat elu yang beragama Islam, kalo di musala enggak ada aer. Tinggal tunggu debu/tanah beterbangan dan voila, tayamum instan.

Tapi KPK itu lumayan keren, soalnya pas tahun gue enggak ada evaluasi (komdisnya marah2 pas pengen pulang). Dan gue mikir, ya iyalah kaga marah2 gak jelas. Orang mahasiswanya juga banyak.

Bayangin aja ospek-in mahasiswa satu kampus. Satu kampus aja berapa fakultas, satu fakultas ada berapa jurusan. Dan satu jurusan ada berapa angkatan, satu angkatan ada berapa kelas, satu kelas ada berapa mahasiswa? Kasarnya itu kan ospek universitas, jadi yang ikut juga skala universitas dong.

Kalo ada yang mau kalian tanyakan, berpendapat, mengkritik, ngasih saran, tulis aja di kolom komentar di bawah.

Comments

Popular posts from this blog

it's going on

Gue bingung antara mau ngelanjutin cerita kehidupan gue atau enggak. Soalnya gue udah tau lama tapi baru inget, kalo kita terlalu 'terbuka' di sosial media, bisa jadi informasi tersebut digunakan untuk hal2 yang kurang baik. Gue gatau ini bener atau cuma pikiran negatif gue doang. Tapi serius, gue bingung. Mungkin kalo gue ceritain masa2 SMP sama SMA gue gapapa kali ya? Soalnya itu udah terjadi ini. So, enjoy it ! Gambar hanya sebagai pemanis. Jadi pas abis UN selesai, gue gabut. Dirumah doang menunggu pengumuman hasil nilai UN. Mau sekolah, mager. Dirumah, juga gabut. Serba salah dah pokoknya. Mau makan, inget nilai UN, mau mandi inget nilai UN, dan mau2 yang lainnya. Hari berganti hari, minggu berganti minggu. Dan diadakan acara perpisahan yang sederhana. Murid beserta wali murid duduk bersama, jadi SD gue enggak ada aula/tempat yang cukup besar. Jadi dua kelas itu dipisahkan oleh kaya semacam pintu lipet, terus pas rapat itu dibuka. Gue lupa rundown  acaran

Review Film Insidious: The Last Key

Halo, nama gue Ramadhan. Dan ini blog ke... Berapa ya? Gak taulah, pokoknya nanti gue kasih autobiografi singkat gue. Nah, disini gue akan me- review film karya sutradara Adam Robitel dkk. Yang udah gue tonton, jangan spoiler ! Bentar, gue kirim 'benang merah' filmnya. Parapsikolog Elise Rainer (Lin Shaye) yang sudah pensiun sejak peristiwa mengerikan di Insidious: Chapter 3 kini berurusan kembali dengan kegelapan dan iblis jahat. Ia bersama Specs (Leigh Whannell) dan Tucker (Angus Sampson) pulang kembali ke kampung halamannya untuk menyelidiki gangguan supranatural dirumah yang pernah ditempati Elise saat muda dulu. Pasti elu bertanya-tanya apa itu parapsikolog? Menurut KBBI parapsikolog adalah ahli kejiwaan yang menitikberatkan pada hal-hal yang tidak kasat mata. Ya apapun sebutannya, yang pasti kita tahu bahwa si Elise memiliki bakat luar biasa yang bisa 'pergi' ke dimensi lain (yang menakutkan) dan biasa disebut the further , berkomunikasi dengan hal

Aku, KTP dan Pak RW

Liburan telah usai, banyak yang telah terjadi. Dari mulai KTP gue yang baru jadi dan dianterin sama bapak ketua rukun warga yang baik hati dan tidak sombong sampe kuku kaki gue yang 'menganga' di akhir liburan. Gara2 hal ini, gue kuliah menggunakan sendal jepit hitam.  Yang mana mengundang netizen yang maha benar (baca: teman2 gue) nanya kaya gini. "Kok elu pake sendal sih, Ram?" "Kaki lu kenapa, cantengan  ya?" "Kok elu ganteng?" Oke, pertanyaan yang terakhir itu halu. Hampir semua temen gue dengan pertanyaan serupa dan berbagai macam pertanyaan lainnya. Jadi kalo dikampus *pip* elu ngeliat cowok dengan tampang bego dan menggunakan sendal jepit. Itu gue! Dan  please , gausah teriak histeris. Gue kaga ngapa2in lu. Soalnya gue trauma ada yang teriakin gue pas di daerah sekitar rumah. Gue sedang dibonceng oleh temen gue yang merangkap sebagai babu. Ditemani semilir angin yang menambah kenikmatan malam yang syahdu, tiba2 pas dijalan