Skip to main content

it's going on

Gue bingung antara mau ngelanjutin cerita kehidupan gue atau enggak. Soalnya gue udah tau lama tapi baru inget, kalo kita terlalu 'terbuka' di sosial media, bisa jadi informasi tersebut digunakan untuk hal2 yang kurang baik. Gue gatau ini bener atau cuma pikiran negatif gue doang. Tapi serius, gue bingung.

Mungkin kalo gue ceritain masa2 SMP sama SMA gue gapapa kali ya? Soalnya itu udah terjadi ini. So, enjoy it!

Gambar hanya sebagai pemanis.

Jadi pas abis UN selesai, gue gabut. Dirumah doang menunggu pengumuman hasil nilai UN. Mau sekolah, mager. Dirumah, juga gabut. Serba salah dah pokoknya. Mau makan, inget nilai UN, mau mandi inget nilai UN, dan mau2 yang lainnya.

Hari berganti hari, minggu berganti minggu. Dan diadakan acara perpisahan yang sederhana. Murid beserta wali murid duduk bersama, jadi SD gue enggak ada aula/tempat yang cukup besar. Jadi dua kelas itu dipisahkan oleh kaya semacam pintu lipet, terus pas rapat itu dibuka.

Gue lupa rundown acaranya apa aja. Yang jelas dikasih amplop terus gue buka amplop itu perlahan-lahan. Dan membacanya dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya, dan terlihatlah hasil nilai UN.

Hasilnya lumayan memuaskan. Nah disini gue bingung, ada yang pernah bilang. Manusia tidak mengenal kata puas, wkwk. Berarti semua orang itu tamak/serakah dong? Eits bukan gitu, jadi apapun bentuknya kalo dikaitin sama hal negatif ya hasilnya pasti negatif. Mungkin kalo dalam hal positif, jadi bagus.

Ini gue pake pemisalan aja nih. Misalnya elu  itu udah bisa bikin motor, eh tapi kalo hujan kepanasan, kalo panas kehujanan. Kebolak, Paul.

Jadi elu berinovasi dan berkreasi bikin mobil. Jadi kalo panas enggak kepanasan dan kalo ujan enggak keujanan lagi deh. Eh tapi pas pake mobil. Jadinya jalannya ribet (susah nyalip) dan macet. Jadinya elu kelamaan di jalan (kurang efisien).

Nah, akhirnya dia bikin helikopter, dan begitu seterusnya. Akhirnya sampe bikin pesawat. Dan begitu dah sampe enggak ada ujungnya.

Nah, jadi jelas ya. Males itu enggak selamanya konitasinya negatif. Bisa positif juga kok. 

Tapi ini bukan pembenaran buat elu yang ngerjain tugas H-1 sebelum deadline. Itu sih bego. Jadi intinya, you're what you think! So, think positive!

Oke, kembali ke cerita.

Pak Yohan bilang kita bisa daftar secara kolektif (barengan). Yaudah deh gue ikut aja. Jadi selama pendaftaran ke SMP, gue diem aja di rumah.

Ibu gue beserta orang tua siswa yang lain cukup bayar ke Pak Yohan sebesar Rp50.000 (ongkos ngituin berkas dan nunggu nomor dipanggil lah) dan gue sama siswa yang lain cuma tinggal nulis 3 SMP yang kita tuju.

Gue lupa pilihannya apa aja, tapi yang pertama dan paling utama. Gue milih SMP terdekat dari rumah gue. SMPN 9 Kota Tangerang. Salah satu sekolah negeri favorit di Kota Tangerang.

Gue juga gatau apa2 selain sekolah itu adalah tempat kakak gue dulu sekolah dan di depan sekolahnya ada tulisan, "Sekolah Standar Nasional". Menurut gue, that's pretty cool. Tapi  justru disanalah bencana dimulai.

Selama gue sekolah disana, sarana dan prasarana disana lengkap banget. Bahkan ada kolam renang indoor-nya, gokil gak tuh? Ya, meskipun gue enggak bisa renang sih. Tapi kan keren (fix ini gue norak).

Sekolahnya luas dan guru2nya banyak. Maklum, kalo pas SD kebanyakan mata pelajaran itu diajarin sama wali kelas gue.

Seperti hal yang udah gue singgung di atas, semua hal/benda/apapun pasti memiliki dua sisi. Positif dan negatif. Hitam dan putih. Yin dan Yang. Baik dan buruk.

Sebelumnya gue mau ngasih tau bahwa UN itu gampang, apalagi sekarang UN tidak menentukan kelulusan. Soalnya UN itu ujian yang dirancang untuk mengevaluasi kemampuan siswa.

Jadi elu tinggal hafal perbab, ditambah ngerjain soal2 UN tahun lalu. Udah, nilai elu bagus. Ini pendapat gue doang sih. Jadi pas masuk kesana. Gue bego bin tolol dibandingkan kebanyakan temen2 gue yang lain (ya, ini serius).

Gurunya ngajarinnya cepet banget, bahkan di sana, disisipin atau dikenalkan dengan pelajaran dasar SMA, di apa ya namanya. Diajarin duluan lah istilahnya.

Meskipun yang diajarin tersebut cuma dasar-dasar pelajaran SMA aja, untungnya gue bisa mengingatnya. Jadi pas gue SMA, gue sering bergumam, "Ini bukannya udah pernah dipelajarin waktu SMP?"

Gue yang cuma mengandalkan kekuatan hafalan gue. Ya udah, tamat, bye-bye fever. Sempat terbesit di dalam pikiran gue, "Gue bener kaga sih masuk sekolah ini?" Pertanyaan2 semacam itu mulai menghantui hidup gue.

Pelajaran yang paling gue inget banget itu adalah pelajaran Matematika. Gurunya ngejelasinnya cepet banget. Terus pas dikasih soal, beda sama yang diajarin.

Dan gue baru tau, itu bukannya beda. Tapi soalnya menguji konsep. Sedangkan gue enggak bisa menghadapi gaya belajar yang baru tersebut.

Mana gue enggak ngerti konsepnya, paling banter cuma ngafalin rumus. Ada bangun ini, pake rumus ini, masukin variabel (bagian2)nya, hitung, ketemu hasilnya dan voila. Hasilnya enggak ketemu dong.

And that very sucks!

Dimulailah gue mengarungi Masa Jahiliyah/Kegelapan (The Darkness Age). Bahkan kalo gue inget lagi, gue sempat mengutuk diri sendiri, "Kenapa elu ngelakuin hal itu? Bego! Goblok! Tolol!" Tapi hal itu udah terjadi, mau gimana lagi, ya kan?

Dan lagi gue melakukan hal2 yang bego bin tolol lainnya. Menurut gue, ini hal biasa. Gue cuma maen warnet, biasa kan? Tapi maennya di jam sekolah (madol). Nah, disitu letak masalahnya.

Gue pernah dapet SP-1 atau SP-2 kalo enggak salah. Kalo dapet gelar sarjana sih bagus, ini  malah dapet surat peringatan. Surat peringatan ini yang membuatnya tambah buruk.

Jadi ketika gue sakit dan bikin surat, nah yang bisa nulis dengan rapi itu cuma abang gue.  Sebenernya gue udah berpikir kalo gue nulis surat pake tulisan tangan gue sendiri, nanti dikira itu suratnya palsu.

Sedangkan gue enggak bisa minta tolong bikinin surat ke kakak gue , karena ia sudah menjalani bahtera rumah tangga sendiri dan tempat tinggalnya jauh dari rumah.

Nah, pas gue lagi sakit beneran, gue nulis surat  izin sendiri. Hal itu dikarenakan abang gue kaga mau nulis surat. Akhirnya yang nulis surat tersebut itu gue.

Tapi tetep diitandatanganin sama bapak/emak gue (gue lupa). Tapi, temen2 gue enggak percaya dan akhirnya hal tersebut terjadi berulang-ulang samlai 'tanpa keterangan/alpa' gue banyak banget. Kurang lebih ada 5 tanpa keterangan/alpa dalam satu semester. :'(

Bagi gue, itu pertanda buruk, bahkan sangat buruk. Gue mencoba menemukan kedamaian sejati, jadi gue bermeditasi. Dan berpikir, "Gue harus bangkit! Bongkar, bongkar, bongkar!" Ucap gue kepada diri sendiri.

Kelas baru pun dimulai, gue menempati kelas dan suasana baru. Pas awal gue menjadi senior, gue bingung kelas gue dimana. Dan ternyata nama gue terpampang di kelas 9.7. For your information, kelas di SMP gue itu sampe 8 kelas. Jadi gue menempati kelas urutan hampir ke kelas paling tinggi, yaitu kelas 9.8 (kelas motivasi).

Kelas motivasi ini dibentuk agar kelas tersebut menjadi motivasi buat kelas yang lain. Karena kelas itu isinya orang2 intelek (pinter bin cerdas) semua. -/\-

Gatau lagi mereka makan apa dan belajar kaya gimana, tapi gue merasakan hal itu ketika ada anak kelas 9.8 yang 'diambil' oleh wali kelasnya (guru sejarah kelas 9.7 dan 9.8) dan masuk ke kelas gue kemudian nerangin dengan jelas perang dunia pertama/kedua, gatau gue lupa.

Dan dia nerangin itu tanpa baca teks dan hanya dengan bermodalkan peta dunia segede gaban yang digantung di papan tulis. Dia nerangin sambil nunjukin negara2 yang sedang terlibat.

Kalo enggak salah nama panggilan orang yang jelasin itu Hovaldo. Itu seinget gue. Welldone, dude. Gue takjub, mangap, dan speechless.

Beberapa petuah bijak sempat gue terima, sedikit yang gue amalkan seperti, "Kalo dia bisa, elu pasti juga bisa. Kita sama2 makan nasi, cuma beda di usahanya aja!" Pikiran inilah yang gue tanamkan. Kalo Hovaldo bisa, gue juga bisa!

Dan kelas 3 itu adalah kelas 'pembalasan' gue. Guru mata pelajaran Matematika gue diganti, dengan seseorang yang bernama Pak Kristofel Sinaga. Gue lupa gelar beliau, maafkan muridmu ini pak -/\-.

Ia adalah seorang ayah yang penyayang dan pandai mengajar dan memetik gitar. Biasanya di sela-sela beliau mengajar, beliau menyisipkan beberapa cerita lucu, sedih, serta haru yang dialaminya.

Beliau memiliki gaya belajar tersendiri, yaitu:

1. Kalo dia lagi nerangin/ngejelasin, jangan nulis.
Nanti dikasih waktu buat nulis kok;

2. Biasanya ada kuis dadakan.

Kuisnya itu bisa sama kaya materi yang sedang diajarkan dan bisa juga beda.

Kalo elu bener, nama lu dipanggil dan dikasih bukunya disertai dengan senyuman. Tapi jika elu salah menjawab, maka buku lu akan dilempar dan kita harus maju buat ngambil;

3. Tempat ulangan yang unik.
Kalo ulangan, biasanya kita ulangan di food court/kantin yang berukuran cukup luas. Dia bakal mengatur jarak antar tempat duduknya dan ketika kita sedang mengerjakan soal, beliau akan menyenandungkan nada2 syahdu (maenin lagu lawas);

4. Mengajar dari intinya/akarnya.
Jadi elu tau rumusnya dari mana dan bukan ujug2/tiba2 dapet rumus -> pake -> masukin variabel2nya -> selesai. Bukan, bukan gitu.

Jadi dia ngajarin gimana suatu rumus bisa didapetin. Kenapa ini bisa jadi begini, itu bisa jadi itu, dsb. Bukan langsung terima aja.

Dan akhirnya nilai UN dan nilai raport mata pelajaran Matematika gue pas kelas 9 itu lumayan. Lebih baik daripada pas kelas 1 dan kelas 2 yang nilai gue itu anjlok parah.

Dan total nilai UN SMP gue adalah...

P. S.
Biografi singkat ini di bidang akademik. Nanti atau kapan2 gue bikin tentang keseharian gue. Itu juga kalo banyak yang baca dan komen.

Akhir kata, gue teringat sebuah kalimat bijak egen.

"Elu itu baru jadi pentolan (jagoan) di akuarium, belom tau gimana di kolam, sungai, laut. Mungkin elu enggak jadi apa-apa. Dan di atas langit masih ada langit".

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review Film Insidious: The Last Key

Halo, nama gue Ramadhan. Dan ini blog ke... Berapa ya? Gak taulah, pokoknya nanti gue kasih autobiografi singkat gue. Nah, disini gue akan me- review film karya sutradara Adam Robitel dkk. Yang udah gue tonton, jangan spoiler ! Bentar, gue kirim 'benang merah' filmnya. Parapsikolog Elise Rainer (Lin Shaye) yang sudah pensiun sejak peristiwa mengerikan di Insidious: Chapter 3 kini berurusan kembali dengan kegelapan dan iblis jahat. Ia bersama Specs (Leigh Whannell) dan Tucker (Angus Sampson) pulang kembali ke kampung halamannya untuk menyelidiki gangguan supranatural dirumah yang pernah ditempati Elise saat muda dulu. Pasti elu bertanya-tanya apa itu parapsikolog? Menurut KBBI parapsikolog adalah ahli kejiwaan yang menitikberatkan pada hal-hal yang tidak kasat mata. Ya apapun sebutannya, yang pasti kita tahu bahwa si Elise memiliki bakat luar biasa yang bisa 'pergi' ke dimensi lain (yang menakutkan) dan biasa disebut the further , berkomunikasi dengan hal

Esensi dari Sistem Zonasi

Balik lagi bersama gue. Setelah sekian lama vakum karena kesibukan kuliah, akhirnya gue bisa 'ngidupin' blog ini lagi, yeay. Sebenernya ini kaya semacam terapi aja sih karena liburan semester gue gabut (lagi). Biar kesannya agak produktif aja sih. Oke, without further ado ,  let's get started ! Oh iya, kali ini topiknya tentang pendidikan. Zonasi menjadi perbincangan hangat di sekitar kita selain meme tentang sidang sengketa hasil pilpres di MK dan juga tentang Diwan beli ikan cupang yang mengundang gelak tawa. Hal ini semakin dirasakan oleh siswa serta orang tua siswa yang ingin mendaftarkan anaknya ke SD, SMP dan SMA (favorit). Eh kalo SD diseleksinya itu berdasarkan umur dulu, abis itu baru jarak dari tempat tinggal ke sekolah (zonasi). Jadi kalo misalkan ada anak yang berumur 9 tahun dan jarak dari rumah ke sekolahnya adalah 1 km sedangkan ada anak berumur 6 tahun sedangkan jarak dari rumah ke sekolahnya adalah 500 m. Maka kemungkinan yang diprioritaska