Skip to main content

Darimana Oksigen di Bumi Berasal?

Kalo gue tanya, menurut lu organisme/makhluk hidup apa yang sangat penting di Bumi?

Apa ayo?

Hah, pacar? Bukan!

Baiklah, kalo kalian nyerah. Nih gue kasih tau.

Jawabannya adalah Fitoplankton.


Apa itu fitoplankton?

Fitoplankton merupakan salah satu jenis Plankton. Fitoplankton berasal dari bahasa Yunani phyton yang berarti plant atau tanaman.


Kalian tau gak apa itu Plankton?


Plankton sendiri adalah organisme renik (kecil) yang mengikuti arus apapun yang hidup dalam zona pelagik (bagian atas) samudera,  laut dan badan air tawar.

Plankton tidak bisa melawan arus dan biasanya dijadikan sumber makanan hampir semua organisme laut/samudera. Jadi,  Fitoplankton adalah organisme tanaman kecil yang mengikuti arus dan hidup di perairan bagian atas. 

Terus apa manfaatnya di Bumi?

Eits, ada kehebatan dia yang belom elu tau nih. Fitoplankton adalah komponen autotrof (organisme yang dapat mengubah bahan anorganik menjadi organik/dapat membuat makanan sendiri dengan bantuan energi seperti matahari atau bahan kimia). Emang sih kemampuan autotrof juga dimiliki tumbuhan lainnya,  tapi ada yang istimewa nih dari si Fitoplankton.

Seperti yang sudah gue jelasin di atas, dia itu adalah sumber utama rantai makanan dari hampir semua organisme laut/samudera (akuatik). Gokil gak tuh? 
Enggak hanya itu, dia juga punya banyak temen. Jadi, satu sendok teh air laut mengandung 1 juta Fitoplankton bersel satu.

[Woods Hole Oceanographic Institution].

Kumpulan fitoplankton di Atlantik Selatan (15 Februari 2006) dilihat dari angkasa.

Terus, autotrof itu apa lagi? 

Autotrof atau dalam bahasa Inggris disebut Autotroph adalah kata yang berasal dari bahasa Yunani autos ="self" yang berarti diri sendiri dan trophe ="nourishing" yang berarti bergizi. Jadi autotrof adalah proses membuat sendiri makanan yang bergizi.

Autotrof dibedakan menjadi 2 macam. Fotoautotrof/fotosintesis dan kemoautotrof/kemosintesis.  Kalo mau gampang ingetnya, cari dulu asal usul/akar katannya (roots word). 

Foto = cahaya
Kemo = kimia

Nah si Fitoplankton ini melakukan fotoautotrof/fotosintesis, dia menyerap sinar matahari dan mengambil nutrisi dari air untuk membuat makanannya sendiri. Makanya dia hidup di zona pelagik (bagian atas) agar bisa menyerap sinar matahari secara optimal dan sinar matahari bisa menembus air yang dangkal.


Jadi, dari proses tersebut. Fitoplankton melepaskan molekul oksigen ke air. Dengan begitu dia berkontribusi sebesar 50%-85% dari oksigen di Bumi. Dan oksigen tersebut digunakan untuk respirasi sel bagi makhluk hidup. That's amazing!

Sekian dari postingan blog ini, gue harap elu bisa mengambil faedahnya dan jangan lupa kalo masih ada yang enggak ngerti, elu bisa tinggalin pertanyaan elu di kolom komentar. Sebisa mungkin nanti bakalan gue jawab/diskusiin bareng2.




Sources:

http://earthsky.org/earth/how-much-do-oceans-add-to-worlds-oxygen
https://www.britannica.com/science/phytoplankton
https://oceanservice.noaa.gov/facts/phyto.html
http://www.whoi.edu/cms/files/Intro_to_Phytoplankton_33887
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Plankton
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Phytoplankton
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Autotroph
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Dioxygen_in_biological_reactions

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

it's going on

Gue bingung antara mau ngelanjutin cerita kehidupan gue atau enggak. Soalnya gue udah tau lama tapi baru inget, kalo kita terlalu 'terbuka' di sosial media, bisa jadi informasi tersebut digunakan untuk hal2 yang kurang baik. Gue gatau ini bener atau cuma pikiran negatif gue doang. Tapi serius, gue bingung. Mungkin kalo gue ceritain masa2 SMP sama SMA gue gapapa kali ya? Soalnya itu udah terjadi ini. So, enjoy it ! Gambar hanya sebagai pemanis. Jadi pas abis UN selesai, gue gabut. Dirumah doang menunggu pengumuman hasil nilai UN. Mau sekolah, mager. Dirumah, juga gabut. Serba salah dah pokoknya. Mau makan, inget nilai UN, mau mandi inget nilai UN, dan mau2 yang lainnya. Hari berganti hari, minggu berganti minggu. Dan diadakan acara perpisahan yang sederhana. Murid beserta wali murid duduk bersama, jadi SD gue enggak ada aula/tempat yang cukup besar. Jadi dua kelas itu dipisahkan oleh kaya semacam pintu lipet, terus pas rapat itu dibuka. Gue lupa rundown  acaran

Review Film Insidious: The Last Key

Halo, nama gue Ramadhan. Dan ini blog ke... Berapa ya? Gak taulah, pokoknya nanti gue kasih autobiografi singkat gue. Nah, disini gue akan me- review film karya sutradara Adam Robitel dkk. Yang udah gue tonton, jangan spoiler ! Bentar, gue kirim 'benang merah' filmnya. Parapsikolog Elise Rainer (Lin Shaye) yang sudah pensiun sejak peristiwa mengerikan di Insidious: Chapter 3 kini berurusan kembali dengan kegelapan dan iblis jahat. Ia bersama Specs (Leigh Whannell) dan Tucker (Angus Sampson) pulang kembali ke kampung halamannya untuk menyelidiki gangguan supranatural dirumah yang pernah ditempati Elise saat muda dulu. Pasti elu bertanya-tanya apa itu parapsikolog? Menurut KBBI parapsikolog adalah ahli kejiwaan yang menitikberatkan pada hal-hal yang tidak kasat mata. Ya apapun sebutannya, yang pasti kita tahu bahwa si Elise memiliki bakat luar biasa yang bisa 'pergi' ke dimensi lain (yang menakutkan) dan biasa disebut the further , berkomunikasi dengan hal

Esensi dari Sistem Zonasi

Balik lagi bersama gue. Setelah sekian lama vakum karena kesibukan kuliah, akhirnya gue bisa 'ngidupin' blog ini lagi, yeay. Sebenernya ini kaya semacam terapi aja sih karena liburan semester gue gabut (lagi). Biar kesannya agak produktif aja sih. Oke, without further ado ,  let's get started ! Oh iya, kali ini topiknya tentang pendidikan. Zonasi menjadi perbincangan hangat di sekitar kita selain meme tentang sidang sengketa hasil pilpres di MK dan juga tentang Diwan beli ikan cupang yang mengundang gelak tawa. Hal ini semakin dirasakan oleh siswa serta orang tua siswa yang ingin mendaftarkan anaknya ke SD, SMP dan SMA (favorit). Eh kalo SD diseleksinya itu berdasarkan umur dulu, abis itu baru jarak dari tempat tinggal ke sekolah (zonasi). Jadi kalo misalkan ada anak yang berumur 9 tahun dan jarak dari rumah ke sekolahnya adalah 1 km sedangkan ada anak berumur 6 tahun sedangkan jarak dari rumah ke sekolahnya adalah 500 m. Maka kemungkinan yang diprioritaska