Skip to main content

my recent life



Perkenalkan, nama gue Ramadhan. Salah satu spesies dari Homo sapiens dan biasa menggunakan diksi "gue" sebagai ucapan sehari-hari. Lajang dan sedang menempuh pendidikan di jenjang perguruan tinggi di kota tempat Sariroti berasal.

Terhitung sejak hari ini, dimana gue lagi pindahan bersama dua keponakan gue. Tinggal secara nomaden di kota yang berakhlakul karimah. Gue lahir pada tanggal 1/16 Januari 1999 di bidan (lupa namanya) dengan berat (lupa berat badannya) dan panjang (lupa panjangnya).

Ini namanya lupa semua!
Udah tau gue masih bayi, mana inget!

Back to nature, kehidupan gue semasa kecil ya begitu aja. Main, makan, tidur, nonton TV, mandi dan seterusnya sampai gue dewasa. Enggak2, gue waktu kecil itu kebanyakan maen sama anak tetangga, nonton kartun bareng (dulu acara kartun masih banyak).

Gue sempet tau dan ngerasain gimana asiknya maen galasin (gerobak sodor), petak umpet, dampuh, gundu (kelereng), monopoli, congk(l)ak, polisi maling dan berbagai macam permainan tradisional lainnya. Ya begitulah, gue hidup bahagia karena kalo gue bangun besoknya. Gue maen, maen, dan maen. Hehe.

Tapi itu semua ada konsekuensinya, kayaknya gue telat masuk TK atau ada alesan lain. Sehingga gue kaga TK. Tapi gue disekolahkan di Taman Pendidikan Alquran di salah satu mesjid terbesar di Perum (nama wilayah tempat tinggal gue). Belajarnya bukan baca, tulis, hitung tapi lebih terkonsentrasi ke bidang agama Islam. Gue lupa bagaimana gue bisa nulis, baca dan berhitung.

Gue bisa nulis, gara2 gue ngeliatin kakak gue nulis. Kakak gue tulisannya bagus dan rapi banget, setidaknya itu menurut gue. Dan gue bisa baca, gatau dah. Tiba-tiba gue baca koran yang ada di ruang tamu, dan gue cuma nanya, "Ini huruf apa?" Terus gue sambung2in dan voila gue bisa baca. Terus kalo ngitung, gatau dah gue lupa. Yang jelas pas SD gue udah bisa baca, tulis, ngitung.

Gue di SD biasa2 aja, enggak pernah ranking 1. Gue pernah ranking 2, tapi yang ranking 2 itu ada 2 orang. Jadi rangking 2 yang pertama itu gue dan ranking 2 yang kedua itu temen gue, cewek bernama Nanda Putri Afifah. Dan pencapaian terbesar gue itu pas gue mewakilkan SD gue buat lomba cerdas cermat/siswa teladan di SDN Parapat 1.

Nah gue mewakili kelas 5-B sebagai cowoknya dan kelas 5-A diwakilkan oleh Viola Ananda. Gue bersama perwakilan SD lain (jadi SD gue itu membentuk persegi/persegi panjang, nah berarti ada 3/4 SD lagi) dan satu orang wali kelas mendampingi satu orang siswa/i. Soalnya 100 butir, PG semua dan campuran berbagai mata pelajaran. Gue ngerjain dengan semaksimal gue aja. Terus setiap orang dikasih kue kotak gitu. Gue yang udah selesai, ya makan dong.

Abis selesai tes itu, gue pulang barengan 3/4 orang dalam satu becak. Kebayang enggak lu gimana berhimpit2annya. Terus kata wali kelas 5-A, nanti kalau lolos dikabarin lagi. Nah wali kelas gue, Pak Yohan Mulyadi udah pulang duluan. Pas besoknya kalo enggak salah, gue lagi bersama anak2 kecil di gang gue.

Gue lagi ngubek2 got/selokan, antara gue ngambil sesuatu yang jatoh/ngambil ikan cere. Dengan motornya menghampiri gue dan bilang, "Aku sih yes". Bukan2, dia bilang kalo gue lolos seleksi dan masuk ke tahap berikutnya. Gue antara akward dan bingung harus berekspresi kaya gimana?

Gue malah nanya ke wali kelas gue, "Bapak tau alamat rumah saya darimana?"
"Dari data siswa," jawabnya lirih. Dan yauda begitulah, minggu berikutnya gue seleksi di UPTD Kota Tangerang. Gue bener2 enggak ngerti apa yang diujikan, kayaknya itu pelajaran kelas atas. Tapi pas sekarang gue pikir2 itu pelajaran dasar doang.

Tapi gue gabisa jawab. Ada juga tes yang menguji elu tau enggak mana benda yang termasuk magnet dan sebaliknya. Terus gue juga disuruh buat rangkaian listrik (lupa pararel/seri) dan juga ketapel. Sampe sekarang gue juga masih bingung itu semua untuk apa.

Dan setiap kali gue abis lomba, wali kelas gue ngasih uang. Gue lupa berapa nominalnya. Dan yang paling mantep. Gue lomba di Penabur. Itu gedung sekolah termodern dan terkeren yang pernah gue singgahi. Di Penabur itu ada SD/SMP/SMA Kristen Penabur. Sekolahnya bagus banget, ruang kelasnya dingin (banget).  Dan banyak banget yang dateng kesana. "Wah, pasti persaingannya ketat nih," gumam gue. Dan yang paling gue bingung, pas kita daftar ulang gitu. Kita dikasih nametag dan kue yang diletakkan didalam kotak gitu. Ini mau kompetisi atau makan sebenernya.

Gue ngerjain soal itu dan guess what? Susah banget! Dan setelah gue pikir mateng2 itu soal cuma konsep dasar doang, bukan soal tingkat advance. Gue cuma menang bisa ngafal tingkat dewa doang, kalo soalnya nantang konsepnya udah. Ya udah, I'm done, dead, finish, end. Terus, terkadang gue suka lupa caranya gimana dan segala macem. Dan gue baru tau kalo cara belajar gue salah itu pas SMA kelas 3. Dan gue kalah pas di perlombaan tersebut. :'(

Kelas 6 SD, sewaktu itu wali kelas yang sama pada saat kelas 5. Pak Yohan Mulyadi menanyakan kepada muridnya mau melanjutkan ke SMP mana? Dan bukan mau sombong, riya atau congkak dan segala macamnya. Gue doang dikelas gue yang bilang mau masuk SMPN 9 Kota Tangerang. Dan sekelas menganggapinya dengan terkesima. Ya itu harapan gue, mimpi gue, enggak ada salahnya kan?

Di kelas 6 gue juga ikut pengayaan/les sehabis pulang sekolah hari Senin-Jumat bersama wali kelas gue untuk menempuh UN. Paling dikasih soal sama wali kelas gue dan tinggal dijawab dulu, nanti dibahas rame2. Dan gue gatau kenapa, pas ngerjain UN. Ya gue ngerjain aja dan gue kaya familier dengan soal tersebut. Sehingga alhamdulillah gue mengerjakan UN SD dengan selamat sentosa.

Dan tibalah pengumuman UN dan hasilnya NEM (jumlah nilai UN) gue...

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

it's going on

Gue bingung antara mau ngelanjutin cerita kehidupan gue atau enggak. Soalnya gue udah tau lama tapi baru inget, kalo kita terlalu 'terbuka' di sosial media, bisa jadi informasi tersebut digunakan untuk hal2 yang kurang baik. Gue gatau ini bener atau cuma pikiran negatif gue doang. Tapi serius, gue bingung. Mungkin kalo gue ceritain masa2 SMP sama SMA gue gapapa kali ya? Soalnya itu udah terjadi ini. So, enjoy it ! Gambar hanya sebagai pemanis. Jadi pas abis UN selesai, gue gabut. Dirumah doang menunggu pengumuman hasil nilai UN. Mau sekolah, mager. Dirumah, juga gabut. Serba salah dah pokoknya. Mau makan, inget nilai UN, mau mandi inget nilai UN, dan mau2 yang lainnya. Hari berganti hari, minggu berganti minggu. Dan diadakan acara perpisahan yang sederhana. Murid beserta wali murid duduk bersama, jadi SD gue enggak ada aula/tempat yang cukup besar. Jadi dua kelas itu dipisahkan oleh kaya semacam pintu lipet, terus pas rapat itu dibuka. Gue lupa rundown  acaran

Review Film Insidious: The Last Key

Halo, nama gue Ramadhan. Dan ini blog ke... Berapa ya? Gak taulah, pokoknya nanti gue kasih autobiografi singkat gue. Nah, disini gue akan me- review film karya sutradara Adam Robitel dkk. Yang udah gue tonton, jangan spoiler ! Bentar, gue kirim 'benang merah' filmnya. Parapsikolog Elise Rainer (Lin Shaye) yang sudah pensiun sejak peristiwa mengerikan di Insidious: Chapter 3 kini berurusan kembali dengan kegelapan dan iblis jahat. Ia bersama Specs (Leigh Whannell) dan Tucker (Angus Sampson) pulang kembali ke kampung halamannya untuk menyelidiki gangguan supranatural dirumah yang pernah ditempati Elise saat muda dulu. Pasti elu bertanya-tanya apa itu parapsikolog? Menurut KBBI parapsikolog adalah ahli kejiwaan yang menitikberatkan pada hal-hal yang tidak kasat mata. Ya apapun sebutannya, yang pasti kita tahu bahwa si Elise memiliki bakat luar biasa yang bisa 'pergi' ke dimensi lain (yang menakutkan) dan biasa disebut the further , berkomunikasi dengan hal

Esensi dari Sistem Zonasi

Balik lagi bersama gue. Setelah sekian lama vakum karena kesibukan kuliah, akhirnya gue bisa 'ngidupin' blog ini lagi, yeay. Sebenernya ini kaya semacam terapi aja sih karena liburan semester gue gabut (lagi). Biar kesannya agak produktif aja sih. Oke, without further ado ,  let's get started ! Oh iya, kali ini topiknya tentang pendidikan. Zonasi menjadi perbincangan hangat di sekitar kita selain meme tentang sidang sengketa hasil pilpres di MK dan juga tentang Diwan beli ikan cupang yang mengundang gelak tawa. Hal ini semakin dirasakan oleh siswa serta orang tua siswa yang ingin mendaftarkan anaknya ke SD, SMP dan SMA (favorit). Eh kalo SD diseleksinya itu berdasarkan umur dulu, abis itu baru jarak dari tempat tinggal ke sekolah (zonasi). Jadi kalo misalkan ada anak yang berumur 9 tahun dan jarak dari rumah ke sekolahnya adalah 1 km sedangkan ada anak berumur 6 tahun sedangkan jarak dari rumah ke sekolahnya adalah 500 m. Maka kemungkinan yang diprioritaska